Fast Track Penerbitan Buku Ilmiah, Siapa Hendak Turut?

Cimahi, PenulisPro.id | Whoosh nyata membawa penumpang dari Padalarang menempuh waktu 30 menit saja sampai ke Stasiun Halim. Zaman serbacepat ini niscaya karena teknologi. Karena itu, menulis dan menyiapkan sebuah buku ilmiah juga dapat dilakukan secara taktis dengan memanfaatkan teknologi dan pendampingan yang profesional.

Institut Penulis Profesional Indonesia meluncurkan Program Fast Track Penerbitan Buku Ilmiah dalam bentuk bimbingan, pendampingan, dan konsultasi jalur cepat. Program ini maksimal dapat diikuti oleh tiga orang peserta dalam satu periode. Satu periode hanya berdurasi tiga bulan dengan tahapan penulisan naskah: pramenulis-menulis draf-merevisi-menyunting.

Program ini digagas langsung oleh pendiri Penulis Pro Indonesia, Bambang Trim, untuk merespons Program Akuisisi Pengetahuan Lokal yang diadakan Penerbit BRIN setiap tahun. Salah satu keluaran dari program BRIN tersebut adalah buku ilmiah. Namun, tak banyak buku ilmiah yang lolos sebagai karya terpilih karena persoalan mutu yang belum memenuhi standar BRIN.

Program brilian dari BRIN ini terbuka untuk semua kalangan dengan maksud mendokumentasikan pengetahuan lokal yang berguna bagi masyarakat. Dikutip dari situs penerbit.brin.go.id konteks kelokalan yang dapat diangkat sebagai gagasan buku, yaitu

  1. pelestarian dan pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan;
  2. petuah, nilai, norma, kepercayaan, dan berbagai pengetahuan yang berkembang di dalam masyarakat;
  3. pelestarian ekspresi kebudayaan melalui kegiatan kesenian, seperti tarian, musik, lukisan, tuturan, dan patung;
  4. praktik pemanfaatan, penggunaan, dan pengembangan berbagai sumber daya dan pengetahuan lokal dalam wujud bangunan (arsitektur), sistem pertanian, atau sistem peternakan;
  5. pengetahuan hasil penelitian, pengembangan, pengkajian, atau penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi; dan/atau
  6. pelestarian pengembangan bentuk-bentuk pengetahuan dan kearifan lokal lainnya.

Dengan demikian, secara tema meskipun spesifik, dapat dikembangkan secara luas. Apalagi, Indonesia merupakan surga gagasan pengetahuan dan keterampilan lokal.

Menjadi Peserta Fast Track Penerbitan Buku Ilmiah

Peserta Program Fast Track Penerbitan Buku Ilmiah boleh siapa saja dengan syarat telah memiliki gagasan awal penulisan buku, termasuk menentukan jenis buku ilmiah yang hendak digarap. Program Akuisisi Pengetahuan Lokal BRIN menerima naskah/buku terbit dalam kategori berikut:

  1. buku ilmiah (monografi);
  2. buku ilmiah populer;
  3. buku teks/pegangan;
  4. buku pedoman/panduan;
  5. buku cerita bergambar dan komik pengetahuan.

Program Fast Track hanya berkonsentrasi pada jenis buku ilmiah 1–4. Peserta mengajukan satu judul dari satu jenis untuk mengikuti program ini hingga didampingi mendaftar di Program Akuisisi Pengetahuan Lokal BRIN sampai mengikuti proses verifikasi, reviu, dan revisi.

Secara lengkap Anda dapat mengunduh panduan program di sini:

FAST TRACK PENERBITAN BUKU ILIMIAH

Biaya Program

Program dari Institut Penulis Pro Indonesia ini merupakan program berbayar dengan biaya Rp5.000.000,00. Peserta akan mendapatkan benefit sebagai berikut:

  • bimbingan teknis 1 x seminggu atau sebanyak 12 x dengan durasi rata-rata @2 jam;
  • video pembelajaran eksklusif;
  • materi berupa diktat eksklusif;
  • konsultasi gratis selama pendampingan, termasuk konsultasi tatap muka di Jakarta/Bandung;
  • sertifikasi pelatihan 32 jp; dan
  • pendampingan mengikuti Program Akuisisi Pengetahuan Lokal BRIN.

Program dijalankan secara profesional sehingga komitmen peserta sangat berpengaruh terhadap keberhasilan program. Peserta wajib mengikuti bimbingan teknis dengan waktu yang fleksibel dan wajib mengerjakan tugas-tugas yang diberikan serta berdisipilin menulis naskah. Tugas tutor adalah memberikan bimbingan dan pendampingan serta memahamkan Anda dengan pengetahuan dan keterampilan buku ilmiah sesuai dengan kode etik penulisan KTI.

Program terbagi atas tiga periode dimulai Desember 2023. Durasi satu periode adalah tiga bulan sehingga diharapkan dalam waktu tersebut, naskah buku telah siap untuk dikirimkan.

PERIODE WAKTU MATERI BIMBINGAN
I Desember 2023–Februari 2024
  • Pramenulis Naskah
  • Menulis Draf Naskah
  • Merevisi/Menyunting Naskah
  • Mengirimkan Naskah ke Penerbit
II Maret–Mei 2024
III Juni–Agustus 2024

Daftar atau Menyesal

Seperti iklan, Anda daftar atau menyesal. Ibarat naik Whoosh, satu menit sangat berarti. Lima menit sebelum kereta melaju, pintu menuju peron sudah ditutup. Persiapan masuk kereta yang datang dari Tegalluar ke Padalarang hanya dua menit. Semuanya hitungan menit di bawah angka 10.

Program Fast Track Penerbitan Buku Ilmiah menggunakan prinsip siapa cepat maka ia dapat. Namun, peserta tetap diseleksi untuk menimbang kelayakan gagasan buku. Untuk itu, pengisian formulir pendaftaran dan formulir rencana penerbitan sangat penting bagi kami.

Silakan mendaftar di sini: Formulir Registrasi Program Fast Track

Sampai berjumpa bulan Desember 2023 dan 2024.

Tinggalkan komentar

Chat dengan CS
Salam untuk pengunjung website PENPRIN,
Kalau ada yang ingin ditanyakan langsung, silahkan chat via WhatsApp