PenulisPro Siapkan Pelatihan Penyuntingan Substantif

Bandung, PenulisPro.id | Sudah menjadi kekhasan Penulis Pro Indonesia menggelar pelatihan tematis di bidang penerbitan yang langka. Kali ini PenulisPro.id menggelar pelatihan bertajuk “Penyuntingan Substantif: Level Editor Senior” yang mengupas seluk beluk penyuntingan substantif.

Apa itu penyuntingan substantif? Di dalam Permendikbudristek Nomor 22 Tahun 2022, standar penyuntingan substantif mencakup penyuntingan struktur, penyuntingan materi, dan penyuntingan perwajahan. Adapun kaidah penyuntingan substantif mencakup ketaatasasan substantif, ketelitian data dan fakta, dan kelegalan.

Penyuntingan substantif dapat disebut sebagai penyuntingan tingkat lanjut yang perlu dikuasai oleh para calon editor senior atau editor senior dengan pengalaman lebih dari lima tahun di bidang penyuntingan naskah. Editor senior memang memerlukan pengetahuan dan keterampilan mumpuni di bidang penerbitan.

Materi pelatihan akan dibawakan langsung oleh Bambang Trimansyah atau lebih dikenal dengan nama pena Bambang Trim. Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun menyunting ribuan naskah di berbagai institusi media, Bambang Trim akan menguraikan tahap demi tahap penyuntingan substantif.

Selain berpengalaman sebagai editor, Bambang Trim juga merupakan sosok langka yang pernah mengenyam pendidikan formal khusus editologi di Prodi D-3 Editing dan S-1 Sastra Indonesia, Universitas Padjadjaran. Kini, Bambang Trim tengah melanjutkan studi S-2 di Prodi Komunikasi Korporat, Universitas Paramadina dengan penelitian di bidang perbukuan.

Profil Bambang Trim dapat diakses di Wikipedia, di sini.

 

Pelatihan langka ini akan digelar di Jakarta Pusat, tepatnya di Hotel Cordela, Senen pada tanggal 20–21 Oktober 2022, mulai pukul 08:30 hingga pukul 17:00. Metode pelatihan disampaikan dengan kuliah, simulasi, dan praktik. Peserta akan mendapatkan sertifikat pelatihan 24 jp dengan memaklumkan penugasan sebagai bagian dari pelatihan. Peserta dibatasi efektif untuk 24 orang.

Untuk pendaftaran dapat menghubungi Ibu Irma di nomor ini. PenulisPro.id menyiapkan KAK/TOR kegiatan dan dokumen administrasi lainnya untuk keperluan pendaftaran atas nama lembaga. Sampai berjumpa Oktober 2022!

Leave a Comment